SELAMAT DATANG

Monday, March 14, 2016

Kenapa Mimpi Buruk Tidak Boleh Diceritakan Kepada Orang Lain Berikut Penjelasan Rasulullah

 Mimpi kurang baik menggambarkan game syaitan terhadap manusia, supaya manusia terasa berkecil hati karna mencuat pada pribadinya prasangka kurang baik kepada Allah. Barangsiapa memandang mimpi yang tidak dia gemari hingga hendaklah dia melakukan apa yang tercantum dalam sunnah buat mengusir waspadai dan juga menolak tipu energi syaitan.


Mimpi merupakan suatu yang nampak ataupun di alamiah manusia pada waktu tidur. Mimpi yang di alamiah seorang adakalanya benar ataupun tidak benar. Mimpi bukannya cuma di alamiah manusia awam, hendak namun para Nabi juga hadapi mimpi. Mimpi yang di alamiah seorang terdapat yang sifatnya mengasyikkan adakalanya menakutkan dan juga menyedihkan. semisal mimpi ketemu orang yang kita sayangi, mimpi ketemu makhluk yang kita takuti dan juga lain sebagainya. Mimpi orang awam mayoritas karna campur tangan syaitan.Sedangkan mimpi para Nabi dan juga Rasul merupakan menggambarkan mimpi petunjuk, tanda - tanda ataupun wahyu dari Allah swt.

Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dia bersabda,

“Jika akhir era sudah terus menjadi dekat hingga mimpi seseorang muslim kira - kira senantiasa jadi nyata dan juga orang yang amat benar mimpinya merupakan orang yang amat jujur ucapannya. Mimpi seseorang muslim menggambarkan satu penggalan dari 45 penggalan dari kenabian. Mimpi itu terdapat 3 macam: Mimpi yang baik menggambarkan laporan gembira dari Alloh. Mimpi kurang baik berasal dari syaitan. dan juga mimpi yang sekadar bisikan aja (bunga tidur). bila salah seseorang kamu memandang mimpi kurang baik hingga hendaklah dia bangkit melakukan shalat dan juga jangan dia ceritakan kepada orang - orang,” (HR Bukhari [7017] dan juga Muslim [2263]).

Diriwayatkan dari Abu Usamah, dia berkata,

“Aku sempat memandang suatu mimpi yang membikin saya sakit sampai saya mendengar Qatadah berkata, ‘Aku sempat memandang suatu mimpi yang membikin saya sakit sampai saya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Mimpi baik berasal dari Allah. bila salah seseorang kamu memandang apa yang kamu gemari hingga janganlah dia ceritakan mimpi tersebut kecuali kepada orang yang menyukainya aja dan juga bila dia memandang mimpi yang tidak dia gemari hingga hendaklah dia memohon proteksi kepada Alloh dari kejahatan mimpi tersebut dan juga dari kejahatan syaitan, setelah itu meludah lah 3 kali dan juga jangan dia ceritakan kepada siapapun, karena mimpi itu tidak hendak mendatangkan kemudharatan’,” (HR Bukhori [7044] dan juga Muslim [2261]).

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al - Khudri r.a,

“Bahwa dia sempat mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Jika salah seseorang kamu memandang mimpi yang dia sukai, sebetulnya mimpi tersebut dari Allah, hendaklah dia menyanjung Allah atas mimpi tersebut dan juga silahkan beritahu orang lain. dan juga apabila dia memandang mimpi yang tidak dia sukai, sebetulnya mimpi tersebut dari syaitan, hendaklah dia meminta proteksi kepada Alloh dari kejahatan mimpi tersebut dan juga jangan dia ceritakan kepada siapapun, karena mimpi tersebut tidak hendak mendatangkan mudharat’,”(HR Bukhari [7045]).

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a,

“Bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dikunjungi seseorang Arab Badui dan juga berkata, ‘Aku bermimpi kalau kepalaku dipenggal kemudian saya menjajaki kepalaku yang menggelinding.’ setelah itu Nabi saw. mencela Arab Badui tersebut dan juga bersabda, ‘Jangan engkau ceritakan cerita syaitan yang mempermainkanmu dikala engkau tidur’,” (HR Muslim [2268]).

“Mimpi yang benar berasal dari Allah, sebaliknya mimpi yang menggambarkan bunga tidur berasal dari syaitan. bila diantara kalian bermimpi suatu yang disukainya, hendaklah dia tidak menceritakannya kecuali kepada orang yang dicintainya. namun bila dia bermimpi sesuati yang di bencinya, hingga hendaklah dia meminta proteksi kepada Allah dari keburukannya dan juga dari keburukan syetan, dan juga biar meludah 3 kali dan tidak menceritakannya kepada siapa pun. sebetulnya mimpi tersebut tidak hendak membahayakan.” (HR Muttafaq ‘alaih).

Kita dianjurkan buat tidak menggambarkan mimpi kita, oleh karna itu simpan baik - baik mimpi kurang baik kamu tersebut. Alangkah baiknya kala bakal tidur kamu membaca doa dan juga berwudhu. Jadi janganlah kamu menggambarkan mimpi kurang baik kamu karna itu merupakan tipu energi setan. mudah - mudahan informasi berikut berguna buat anda.

(Sumber: ustadzridwan_com)

Kenapa Mimpi Buruk Tidak Boleh Diceritakan Kepada Orang Lain Berikut Penjelasan Rasulullah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment