SELAMAT DATANG

Wednesday, November 18, 2015

WASPADA !! Kenali Beberapa Hal Pada Kuku DIbawah Ini Bisa Menandakan Adanya Penyakit


 Bentuk serta warna kuku Anda bisa mengungkapkan permasalahan kesehatan. Dari kuku, tanda-tanda penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung bisa terlihat.

Kuku tumbuh dari sel serupa gel lembut yang mati, mengeras, serta lalu terbentuk waktu mulai berkembang dari ujung jari. Manfaat utama dari kuku yakni melindungi ujung jari yang lembut serta penuh urat saraf, dan mempertinggi daya sentuh.

Diambil dari Health, Rabu (18/11/2015), di bawah ini 5 hal perihal kuku yang terkait dengan kesehatan.

1. Warna kuku kuning


Anda suka mengecat warna kuku? Waspadalah bila warna kuku beralih jadi kuning. Penyebab pergantian warna ini yaitu pemakaian pembersih cat kuku yang terlalu berlebih yang bikin hilangnya oksigen yang diperlukan kuku untuk menjaga warna alami mereka.

Bila Anda alami keadaan ini cobalah untuk sesaat berhenti memberi warna kuku. Hal semacam ini dikerjakan untuk memberi kesempatan kuku pulih seperti semula. Untuk Anda perokok aktif, warna kuning dapat juga karena kebiasaan merokok.

Warna kuning pada kuku dapat juga jadi tanda-tanda bila Anda menderita penyakit hati serta penyakit kuning.

2. Kuku kering, retak atau patah


Keadaan kuku seperti ini sangatlah umum dihadapi oleh siapa saja serta mungkin saja berlangsung lantaran sebagian penyebab. " Keadaan ini disebabkan kekeringan pada lempengan kuku, " kata dr Debra Jaliman, MD, dermatolog di New York, Amerika Serikat.

" Penyebabnya dapat lantaran berenang, mencuci piring tanpa ada sarung tangan, atau tinggal di daerah yang lembab, " lanjutnya.

Tetapi, bila kuku rapuh adalah satu permasalahan yang terus menerus maka dianjurkan untuk segera konsultasi pada dokter Anda. Mungkin saja anda alami hipotiroidisme.

Hipotiroidisme adalah satu masalah pada kelenjar tiroid serta lebih umum berlangsung pada wanita dari pada pria. Gejalanya diantaranya pembengkakan pada kelenjar tiroid di sekitar leher atau yang biasa di kenal juga sebagai gondongan.

3. Garis horizontal


Garis horizontal pada kuku diakui adalah tanda-tanda dari kekurangan gizi. Tetapi, garis horizontal itu juga jadi ciri dari penyakit serius seperti ada penyakit ginjal, masalah liver atau kekurangan protein akut.

Penyebab lain dapat juga bikin garis kuku berupa horizontal. " Dapat pula lantaran lempengan kuku bereaksi dengan obat. Misalnya untuk pasien yang baru menjalankan kemoterapi, " kata dr Jaliman.

4. Kuku tumbuh dengan menyakitkan


Bila Anda mempunyai kuku tumbuh dengan menyakitkan atau kuku berwarna hitam (seperti garis-garis), cepatlah kontrol ke dokter. Mungkin saja itu tanda Anda alami melanoma atau tumor ganas.

Bila dilewatkan melanoma dapat berkembang jadi tanda-tanda kanker jika ukurannya melebihi 10 mm. Pada umumnya keadaan ini bisa dicegah dengan melindungi kulit dari cahaya matahari dengan menggunakan tabir surya serta jauhi matahari pada jam 10. 00 - 16. 00.

5. " Spoon " kuku


Keadaan ini biasanya mengacu pada kuku yang tipis yang berupa cekung seperti sendok. " Ini biasanya adalah tanda dari anemia, " kata dr Jaliman.

" Spoon " kuku dapat diobati lewat cara konsumsi suplemen zat besi. Diluar itu, kuku pucat dapat juga jadi tanda Anda alami anemia.

WASPADA !! Kenali Beberapa Hal Pada Kuku DIbawah Ini Bisa Menandakan Adanya Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment